Minggu, 08 Maret 2009

Pesan

Berikut sebuah cerita tentang bagaimana sebuah pesan dikomunikasikan secara hirarkis di sebuah perusahaan, dari direktur hingga karyawan paling bawah.

Dari Direktur ke General Manager
"Besok akan ada gerhana matahari total pada jam sembilan pagi. Kejadian ini tak bisa kita lihat setiap hari. Untuk menyambut dan melihat peristiwa langka ni, seluruh karyawan diminta berkumpul di lapangan basket dengan berpakaian rapi. Saya akan menjelaskan fenomena alam ini kepada mereka. Jika hari hujan dan kita tidak bisa melihatnya dengan jelas, kita bisa berkumpul di kantin."

Dari General Manager ke Manager
"Sesuai dengan perintah Direktur, besok pada jam sembilan pagi akan ada gerhana matahari total. jika hari hujan kita tidak bisa berkumpul di lapangan untuk melihatnya dengan berpakaian rapi. Dengan demikian, peristiwa hilangnya matahari ii akan dijelaskan oleh direktur di kantin, ini adalah kejadian yang tak bisa kita lihat setiap hari."

Dari Manager ke Supervisor
"Kata GM, sesuai dengan perintah Direktur , besok kita akan mengikuti peristiwa hilangnya matahari di kantin pada jam 9 pagi dengan berpakaian rapi. Direktur akan menjelaskan apakah besok akan hujan atau tidak. Ini adalah kejadian yang tak bisa kita lihat setiap hari."

Dari Supervisor ke Koordinator
"Menurut Manager, jika besok turun hujan di kantin, itu kejadian yang tak bisa kita lihat setiap hari. Direktur, dengan berpakaian rapi, akan menghilang tepat jam sembilan pagi."

Dari Koordinator ke Seluruh Staf
"Supervisor bilang, besok pagi, pada jam 9, Direktur akan menghilang. Sayang sekali, kita tidak bisa lagi melihatnya setiap hari."

Dari Staf ke Staf
"Tampaknya memang dia lebih baik pergi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar